Jumlah Pasien Positif Bertambah Setiap Hari, Kadiskes Pekanbaru Masih Cuti

Pekanbaru,Detak60.com-- Dalam dua pekan terakhir ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru melaporkan adanya penambahan jumlah pasien positif baru covid-19 setiap harinya. Itu Artinya Pekanbaru dapat mengendalikan penyebaran virus ini.

Update data tertanggal 28 juli 2020, ada penambahan 9 pasien positif baru. Dengan begitu jumlah pasien positif covid-19 di kota pekanbaru sudah mencapai 158 orang.

Disaat bersamaan, Kadiskes Kota Pekanbaru, M Noer diketahui masih menjalankan masa cutinya yang diajukannya sejak dilantik sebagai Kadiskes belum lama ini. Sebelumnya M Noer menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru.

Pengamat Kebijakan Publik Khairul Amri angkat bicara terkait kondisi ini. Menurut dia, peran Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru sangat ditunggu publik mengatasi persoalan Covid di Pekanbaru. Ia juga mengkritik Walikota Pekanbaru yang memberikan izin cuti kepada Kepala Diskes Pekanbaru M Noer MBS.

"Meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Pekanbaru akhir-akhir ini tentu mengharuskan Pemko dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru bekerja lebih extra. Karena di tengah masalah pandemi hari ini pemerintah harus hadir di tengah masyarakat dengan peran memberikan solusi dan pelayanan kepada publik," kata Khairul, Selasa (28/7/2020). 

Ia menilai, tidak etis pimpinan Diskes Pekanbaru mengambil cuti di tengah masalah yang semua lini, mulai dari pemerintah pusat, TNI Polri Pemda, bahkan hingga RT RW, dituntut untuk konsentrasi dan secara bersama berupaya mencegah penyebaran Covid-19. 

Kata dia, walikota seharusnya tidak mengizinkan seorang kepala Diskes cuti. Sebab ini bisa melukai perasaan publik. Di sisi lain, publik diimbau untuk bersama-sama, tapi di sisi lain malah Kepala Diskes cuti. "Atau jika memang kadiskes tidak bisa membersamai upaya melawan Covid-19 di Kota Pekanbaru saat ini sebaiknya mundur saja," tegasnya. 

Ia juga menyebut, Kepala Diskes harus diisi oleh orang yang punya kompetensi dan kemauan bekerja keras, khususnya mencegah penyebaran Covid-19 di kota Pekanbaru. "Ya walikota harus evaluasi, sehingga tidak ada kesan seolah-olah menyepelekan pekerjaan berat mencegah penyebaran Covid-19 hari ini," tegasnya. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar