Pengamat: Tokoh yang Didukung Amien Rais Bakal Menang di Kongres PAN

Jakarta,dtak60.com - Figur Amien Rais di Partai Amanat Nasional (PAN) masih sangat kuat. Bahkan siapapun yang didukung, hampir dipastikan memenangkan Kongres 2020.

Pengamat Politik Emrus Sihombing menilai, tak ada satupun kader PAN yang bisa membantah pernyataan Amien. Bahkan, Zulkifli Hasan tak punya kekuatan untuk melawan pendiri partai itu. "Jadi, siapapun yang didukung Amien Rais Pasti menang," kata Emrus kepada wartawan, Rabu (15/1/2010) di Jakarta.

Hal itu terbukti dari setiap Kongres PAN. Di mana Amien berpihak, di sana kemenangan kandidat. Termasuk kemenangan Zulkifli Hasan di Kongres PAN ke IV.

"Bagi yang meninggalkan Amien Rais, secara otomatis saya berkeyakinan kalau bahasa kasarnya kader tersebut bakal kualat," katanya. 

Senada, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai, figur Amien Rais masih sangat kuat di Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu masih mampu menentukan kemenangan kandidat di kongres PAN nanti.

"Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," katanya kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, dukungan Amien Rais di kongres memiliki pengaruh besar terhadap kandidat. Siapapun kandidat yang didukung berpeluang meraih kemenangan.

"Kalau Zulhas meninggalkan Amien Rais dalam kongres nanti, kecil kemungkinannya Zulhas kembali menang," katanya.

Diketahui, beberapa kali dukungan Amien Rais di Kongres PAN menjadi kompas kemenangan salah satu kandidat. Pada kongres PAN ke III tahun 2010. Saat itu Soetrisno Bachir melawan Hatta Rajasa, Amien memberikan dukungan kepada Hatta. Terbukti bekas Menteri Riset dan Teknologi tepilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN pada Kongres PAN ke-3 tanggal 9 Januari 2010 di Batam.

Begitu juga saat Hatta bertarung dengan Zulkifli Hasan di Kongres ke IV. Dengan dukungan Amien, bekas Ketua MPR  ini terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Padahal, Hatta mampu meningkatkan kursi PAN di Senayan.(MR)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar