Dengar Pernyataan Agus Pramono, Supir Truk Sampah Lega

Pekanbaru, Detak60.com-- Sejumlah supir pengangkut sampah di Kota Pekanbaru melakukan kegiatan tak biasa. Mereka memarkirkan truk angkut sampah yang mereka bawa di depan kediaman Walikota Pekanbaru, Senin (28/12/2020). 

Hal itu dilakukan sebagi bentuk aksi protes mereka kepada PT.Samhana Indah (SI) sebagai rekanan Pemko Pekanbaru dalam pengelola sampah yang belom memenuhi hak upahnya. 

Akai mereka sempat mengundang perhatian warga. Truk pengangkut tersebut dalam kondisi muatan sampah. Bau menyengat merebak di lokasi. 

Perwakilan Sopir, Heri menyebut bahwa aksi ini menuntut gaji yang belum dibayarkan dan meminta kepastian perihal jaminan kerja untuk tahun depan. 

Ada 65 sopir yang ikut dalam aksi ini. Jumlah armada angkutan dari perusahaan itu mencapai 26 unit.

Untuk diketahui, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan bekal melelang kembali pengelolaan sampah. Kontrak terhadap PT.Samhana Indah (SI) telah habis tahun 2020 ini sejak 2018 bekerja sama. 

Armada truk dari PT. SI mengangkut sampah di zona II. Kecamatannya meliputi Bukit Raya, Sukajadi, Pekanbaru Kota, Senapelan, Lima Puluh, Sail dan Tenayan Raya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Agus Pramono langsung berdialog dengan para sopir di lokasi. Agus sempat terlihat menghubungi pimpinan PT. SI di hadapan para sopir yang menggelar aksi.

Agus meyakinkan kepada para sopir bahwa pihak perusahaan bakal memberi hak para sopir untuk bulan Desember 2020. Dan juga akan menyampaikan ke pihak rekanan yang bakal melanjutkan kontrak selanjutnya untuk tetap mempekerjakan para sopir yang ada. 

"Saya pastikan sopir tetap digaji, kita sudah kordinasi dengan PT.SI terkait tuntutan para sopir," ujarnya.

Tuntutan lainnya tentang jaminan kerja bakal diurus dananya oleh perusahaan pada Februari 2021 mendatang. Para sopir pun menerima jawaban dari manajemen perusahaan melalui Agus.

Kontrak dengan pemerintah kota juga berakhir seiring PT. Godang Tua Jaya. Saat ini proses lelang pengelola angkutan sampah di tahun 2021 masih berjalan.

Ada kemungkinan PT.SI dan PT.Godang Tua Jaya bakal kembali mengangkut sampah awal tahun depan. Namun dengan catatan belum ada pemenang dari lelang angkutan sampah tersebut.

"Kalau belum ada pemenangnya, nanti kita bakal menunjuk perusahaan yang sudah biasa mengangkut sampah," katanya mengakhiri. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar