ICW: Harusnya Yasonna Juga Dicopot

Pria yang diduga Harun Masiku terekam kamera CCTV di Termin (foto:net)al 2 Bandara Soekarno-Hatta

Nasional,Detak60.com-- Menilai telah menyampaikan pernyataan yang tidak valid soal keberadaan Harun Masiku, Indonesia Corruption Watch (ICW) juga minta Presiden Jokowi untuk juga Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly juga dicopot oleh Presiden Joko Widodo.

Demikian disampaikan peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada wartawan. Dia menilai Yasonna layak dicopot karena efek kekeliruan  sehingga membuat kinerja KPK terganggu akibat memercayai begitu saja pernyataan Yasonna.

"Faktanya dia telah berkata tidak sesuai dengan fakta terkait keberadaan Harun Masiku. Jadi harusnya Yasonna ikut bertanggung jawab atas situasi hari ini," kata Kurnia.

Sebelumnya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mencopot Ronny Sompie dari jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi.

Pencopotan tersebut dikatakan Yasonan untuk memudahkan penyelidikan keterlambatan informasi kepulangan buron kasus korupsi penetapan anggota DPR terpilih dari PDI-P, Harun Masiku.

Yasonna juga akan membentuk tim independen yang diisi oleh Direktorat Siber Polri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), dan Ombudsman untuk melakukan pemeriksaan kasus terlambatnya informasi kepulangan Harun Masiku ke Indonesia. 

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR Herman Hery saat dihubungi wartawan, Rabu (29/1/2020) mengatakan akan memanggil Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly untuk memberikan keterangan terkait pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny Simpie.

"Untuk lebih jelasnya, kita akan bersama-sama dengar keterangan Menkumham pada Rapat Kerja dengan Komisi III yang akan diagendakan minggu depan," kata Herman. **


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar