700 PJU di Pekanbaru Sudah Terapkan Smart Lighting

Pekanbaru,Detak60.com-- Saat ini sudah 700 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) tersebar di 23 ruas jalan di Pekanbaru yang menggunakan smart lighting.

Kepala Dinas Perhubungan melalui Kabid Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Tengku Ardi Dwisasti mengatakan targetnya sebanyak 37133 titik PJU yang ada diseluruh Kotra Pekanbaru dengan system smart lighting.

"Masih belum semua PJU di Pekanbaru dapat dilengkapi smart lighting karena keterbasatan anggaran," kata Ardi.

Ardi menerangkan, smart lighting sangat mempermudah pemantauan serta juga operasional PJU yang tersebar di Pekanbaru. Karena personel Dinas Perhgubungan bisa mengetahui langsung dari control panel yang dipusatkan pada Dinas Perhhubungan Kota Pekanbaru.

"Selain juga bisa dikontrol melalui handphone , kami bisa memadamkan PJU serta mengatur penerangannya, missalnya ketika diatas pukul 00.00 WIB pencahayaan PJU mulai dikurangi sampai nanti mati total disaat pagi.

Lebih jauh terkait dengan keuntungan penggunakan smart lighting, Ardi mengatakan tagihan listrik PJU Pekanbaru sudah jauh berkurang. Dari semula 13 M kini hanya tinggal 6 M.

“Jika nanti semua PJU sudah menggunakan smart lighting, tentu tagihan juga akan berkurang. Kalau sebelumnya tagihan Pemko Pekanbaru yang diterima lebih sedikit dari pajak PJU, kini sebaliknya. Otomatis dana yang dapart dihemat dari pembayaran tagihan listrik bisa dialihkan untuk kepentringan lain,”tutup Ardi.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar