Penelitian IPB dan UI Temukan Senyawa di Kulit Jeruk Bisa Lawan Corona

Nasional. Detak60.com-- Dari hasil penelitian IPB (Institut Pertanian Bogor) dan UI (Universitas Indonesia) menemukan senyawa untuk melawan virus corona (COVID-19) di kulit jeruk.

Senyawa tersebut berasal dari golongan flavonoid, salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

"Dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi, selama berdiam diri di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambahkan sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih," kata Guru Besar IPB University sekaligus Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC) Prof Irmanida Batubara dikutip melalui iNews.id, Sabtu (28/3/2020).

Meminum jus jeruk bersama kulitnya tentu saja akan terasa pahit. Tapi, kata Irmanida, Anda perlu menahan sedikit rasa pahit tersebut karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya.

Bagi orang yang kurang sangguh mengkonsumsi sesuatu yang pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh yang meminumnya. Tapi, sebelum memasukkan jeruk beserta kulitnya ke dalam air, jangan lupa dicuci bersih terlebih dulu.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon, dan varietas jeruk lainnya,” ujarnya.
Seperti diketahui, ada banyak cara untuk melindungi diri dari virus corona. Selain menjaga kondisi tetap fit, Anda juga perlu sering mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak sosial, dan juga tetap berada di rumah.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar