Bandara SSK II Pekanbaru Pasang Thermal Scanner

Dokter Ahli Bedah Meningal Dunia Akibat virus Corona

Ilustrasi

Pekanbaru,Detak60.com-- Ancaman Virus Corona atau 2019-nCoV terus meluas. Di Wuhan, Thiongkok seorang dokter bernama Liang Wudong diduga telah terinfeksi  dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (24/1/2020).

Dilansir South China Morning Post, Liang Wudong merupakan dokter ahli bedah di Rumah Sakit Xinhua di Wuhan. Ia meninggal pada pukul 07.00 waktu setempat di usia 62 tahun.

Liang telah dicurigai terinfeksi virus sejak satu minggu yang lalu, sebelum ia dipindahkan ke Rumah Sakit Jinyintan Wuhan untuk perawatan lebih lanjut.

Di sisi lain, hingga kini virus corona makin menyebar. Sekitar 29 provinsi di China telah melaporkan adanya 1.287 kasus virus mirip pneumonia mematikan.

Dari data tersebut, diketahui 729 kasus di antaranya berasal dari Hubei, pusat penyebaran virus.

Korban yang meninggal di Hubei pun telah meningkat hingga 41 kasus dengan 39 orang dari Hubei dan dua kematian lainnya dari Provinsi Hebei dan Heilongjiang.

Akibat dari penyebaran virus ini, puluhan juta orang 'dikunci' di Hubei karena adanya larangan perjalanan ke luar kota di sebagian besar provinsi.

Penerbangan, kereta api, bus, dan kapal feri yang menghubungkan Wuhan ke kota lain di Hubei pun telah ditangguhkan.

untuk mencegah penyebaran virus corona ke Provinsi Riau, mulai dilakukan oleh Otoritas Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dengan mulai mengaktifkan thermal scanner.

"Thermal scanner di terminal kedatangan dari luar negeri sudah diaktifkan. Ini sebagai bentuk deteksi dini dan pencegahan terhadap penyebaran virus (corona, red) tersebut," kata Petugas KKP Bandara Internasional SSK II Pekanbaru, Albert di Pekanbaru.

Namun, ia memastikan sejauh ini pihaknya belum ada menemukan penumpang dari luar negeri yang mengidap suspect virus corona.

"Belum ada penumpang yang suspect virus corona. Yang mana, ciri-ciri suspect virus corona ini kan seperti demam, batuk disertai sesak nafas," ujarnya. **


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar