Besok, Presiden Remikan Tol Pekanbaru-Dumai

Riau, Detak60.com-- Akhirnya, Jumat (25/9/2020) besok Tol Pekanbaru-Dumai resmi beroperasi. Peresmian akan dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Kepastian tersebut disampaikan kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam rapat secara virtual dengan sekretariat kepresidenan, Kamis (24/9/2020) tadi.

"Saya baru saja selesai mengikuti rapat virtual dengan protokol presiden dalam rangka peresmian tol Pekanbaru - Dumai, Insya Allah besok akan diresmikan oleh Pak Presiden ," kata Gubri Syamsuar di kediaman dinasnya.

Gubri Syamsuar mengungkapkan, peresmian tol Pekanbaru-Dumai yang dijadwalkan dilaksanakan pada pukul 14.00 besok tersebut dilaksanakan secara virtual oleh presiden RI Jokowi, Sehingga Presiden dipastikan tidak akan berkunjung ke Riau.

"Persmiannya dilakukan secara virtual, nanti pak presiden meresmikanya dari Jakarta. Presiden hanya mengutus Menteri PUPR, " katanya.

Untuk diketahui, Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai merupakan sinergi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal. 

Tol Pekanbaru - Dumai dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai. 10 TIP ini terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) KM 45,075. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64,925.

Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82,3 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13,850. Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah tol permai mulai dioperasionalkan.

Selain itu, Tol Pekanbaru -Dumai memiliki hadir enam terowongan perlintasan gajah didalamnya yang terletak di Seksi 2 tepatnya di Sungai Tekuana dan Seksi 4 di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja. (oya)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar