Perusahaan dan Rekanan Migas, Agar Peduli Penanggulangan Wabah Covid 19

Anggota DPRD Bengkalis, Syahroni Untung

Duri, Detak60.com - Ditengah gencar nya Pemerintah Republik Indonesia dan juga Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis serta pihak-pihak lainnya untuk memutuskan mata rantai virus corona dengan memberikan bentuk kepedulian nya. 

Kepedulian dari segala pihak baik pemerintah mau pun swasta ditunjukkan dengan cara memberikan bantuan penyemprotan disinfektan serta mendonasikan Alat Pelindung Diri (APD) kepada tim-tim medis dan pihak lainnya. 

Hal ini juga membuat Anggota DPRD Bengkalis Daerah Pemilihan Kecamatan Mandau dari Partai Golkar, Syahroni Untung Rabu (8/4/20) menghimbau sekaligus meminta agar pihak perusahaan swasta yang ada di Kecamatan Mandau terutama pihak PT. Chevron dan perusahaan yang berada dibawah naungan PT. Chevron agar menunjukkan kepedulian nya terhadap masyarakat.

"Saya menghimbau dan meminta kepada PT. Chevron dan juga Sub Kontrak Chevron agar peduli terhadap masyarakat dan daerah untuk membantu pemerintah dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus covid 19 ini. Saya belum ada mendengar baik dari pihak Cehvron yang peduli. Padahal kalau dilihat Cehvron sendiri mendapat banyak keuntungan dari Mandau ini. Jadi tolong jangan menutup kepedulian nya, "terang Roni. 

Untuk diketahui PT. Cehvron merupakan perusahaan raksasa yang bergerak disektor minyak dan gas bumi. Saat ini PT. Chevron sendiri masih beroperasi di wilayah Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau yang mana lebih dikenal dengan sebutan Duri.

PT. Chevron bersama rekanan yang saat ini masih mendapatkan keuntungan dari hasil bumi hingga saat ini diduga belum terlihat untuk membantu baik pemerintah dan juga masyarakat dalam memutuskan mata rantai penyebaran virus covid 19 atau virus corona. 

Mendapat himbauan dan permintaan Anggota DPRD Bengkalis, melalui Manager Corporate Communication PT. CPI, Sonitha Poernomo, Rabu (8/4/20) menjelaskan. 

Dalam upaya mencegah penyebaran Corona Virus Diseases (COVID-19) di Provinsi Riau, SKK Migas-PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Riau memberikan bantuan pencegahan wabah Covid-19. 

Penyaluran bantuan SKK Migas – PT CPI sebagian besar disalurkan melalui koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Riau. Langkah ini bertujuan agar penyaluran bantuan dapat terkoordinasi dengan baik dan tepat sasaran. 

Bantuan yang telah diberikan yaitu 1.000 masker N95 yang telah diserahkan ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru pada Minggu, 29 Maret 2020, serta bantuan lainnya seperti Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 300 unit untuk tenaga medis, 23 tempat tidur brankar untuk ruang isolasi di Kota Dumai, dan 700 APD dan 3.000 handsanitizer yang akan dibagikan kepada masyarakat di sekitar daerah operasi.

PT CPI juga mendorong kegiatan kesukarelawanan di kalangan pegawai untuk turut membantu masyarakat sekitar melalui komunitas masing-masing. 

"Ada beberapa kegiatan mandiri atas inisiatif Karyawan PT. CPI yaitu Ikatan Alumni ITB, UGM, ITS, UPN, Undip, UI, Trisakti, UIR, PCR dan UPN menyumbangkan APD, hand sanitizer, disenfektan kepada RS Arifin Achmad, RS Mandau, RS Petala Bumi, RSUD Rohil, RSUD Pelalawan, RSUD Rokan Hulu, RSAU, RSUD Siak, RSUD Kampar. Organisasi pegawai wanita Chevron di Rumbai dan Minas menyumbangkan multivitamin dan susu bagi petugas media di RS rujukan Covid-19 Pekanbaru. Persatuan ibu-ibu memberikan bantuan APD dan disenfektan untuk RS Mandau Duri. Rumbai geology club dan Komunitas jumat berbagi menyumbangkan paket sembako kepada dhuafa. Laznas Chevron memberikan bantuan fasilitas cuci tangan di RS Mandau, RSUD arifin achmad, pasar pinggir dan duri, juga para Pegawai chevron membuat 700 face shield untuk didonasikan ke rumah sakit dan puskesmas di provinsi riau termasuk RSUD Mandau, puskesms sebangar, pematang pudu, klinik pratama pinggir, RSUD Bengkalis, RS permata hati, RSUD Dumai dan lainnya, "ujarnya. 

Hal ini juga dikonfirmasi kepihak RSUD Mandau melalui Direktur RSUD Mandau dr. Sri Sadono menjelaskan. Bantuan yang diterima ada dari Chevron melalui beberapa komunitas ada dari ikatan alumni ITB, ITS alumni Kagama, dan komplek perumahan.

"Kalau dari Chevron langsung nanti akan saya cek ulang, "terangnya. 

Donasi atau bantuan yang diberikan oleh Chevron sendiri itu mengatas namakan komunitas alumni yang bekerja di perusahaan Chevron tersebut. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar