Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Serma Yulihar Laksanakan Cek Hewan Ternak di Air Jamban

Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Serma Yulihar Laksanakan Cek Hewan Ternak di Air Jamban

Mandau, Detak60.com - Pemerintah Pusat dan Daerah terutama di wilayah Kabupaten Bengkalis, tengah gencar memberantas adanya wabah virus akut penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah. Penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi, kambing, dan lainnya.  

Untuk antisipasi hal tersebut, Kodim 0303/Bengkalis melalui Koramil 03/Mandau Babinsa Serma Yulihar  yang terus melaksanakan kegiatan pemantauan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Jumat (19/5/2023).  

Kegiatan dilakukan oleh Babinsa Kecamatan Mandau bersama Dinas Peternakan Kabupaten Bengkalis, dalam rangka menindak lanjuti penyebaran virus penyakit mulut dan kuku diberbagai daerah di Indonesia yang dapat mengancam kesehatan hewan berkuku genap dan belah yang memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia.  

"Kami lakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik masyarakat yang ada di Kecamatan Mandau, Sebagai tindak lanjut pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap atau belah, "ujar Serma Yulihar. 

Harus diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil, mengalami tidak nafsu makan (anorexia), penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas, "ujarnya.  

Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kita dapat memastikan hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan Koramil 03/Mandau khususnya di Kecamatan Mandau bebas dari PMK atau yang lebih dikenal dengan Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak.  

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Masyarakat yang memelihara hewan ternak menyambut baik pemeriksaan dan kedatangan Babinsa tersebut. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar