Uang Yang Dicuri LYD Merupakan Uang Fee, Bukan Uang Brankas.

Pemdes Boncah Mahang Simpan Uang dibrankas Rp 10 Juta, Dicuri Oleh Oknum Honorer

LYD yang mana mantan bendahara Desa Boncah Mahang Kecamatan Bathin Solapan diamankan Polsek Mandau

DURI, DETAK60.COM - Entah berasal dari manakah, uang senilai Rp. 10.200.000 yang disimpan dalam brankas yang ada di kantor Desa Boncah Mahang Kecamatan Bathin Solapan, kemudian raib senilai Rp. 4.000.000, dan pihak Pemerintah Desa Boncah Mahang melaporkan salah satu oknum honorer kantor Desa nya yang pernah menjabat sebagai bendahara Desa sejak tahun 2018 hingga 2021.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Mandau Kompol Indra Lukman Prabowo melalui Kanit Reskrim AKP Firman kepada awak media, Sabtu (9/4/2022).

"Awal mula kejadian, dimana Pemerintah Desa Boncah Mahang mengakui sering kehilangan uang di dalam brankas yang terletak di ruangan kepala desa. Sementara brankas tersebut menggunakan sandi atau kode. Yang mengetahui kode atau sandi tersebut hanya bendahara dan kepala desa. Atas kecurigaan tersebut, di dekat ruangan dipasang CCTV untuk memantau. Pada Jumat (8/4/2022) diduga terlapor LYD (26) warga Desa Boncah mahang menanyakan ruang kepala desa tekrunci atau tidak. Salah satu staff menjawab tak terkunci. Kemudian mempersilahkan ibu-ibu untuk menggunakan toilet diruangan kepala Desa, "ujar Kanit Reskrim AKP Firman.

Namun salah satu staff melihat ada gelagat yang mencurigakan dan kemudian melihat haisl rekaman CCTV tersebut. Dan benar saja terlapor LYD membuka brankas dan uang yang disimpan dalam brankas senilai Rp. 10.200.000 telah berkurang nilainya.

"Kalau hasil laporan nya uang yang raib sebanyak Rp. 4.000.000 dari total uang yang disimpan Rp. 10.200.000 didalam brankas. Atas bukti berupa CCTV tersebut, kemudia pihak kepolisian mengamankan LYD. Dalam hasil keterangan kepada penyidik uang yang diambil tersebut merupakan uang Fee miliknya sesuai kesepakatan dan itu bukan uang brankas, "tambahnya.

Untuk sementara LYD telah diamankan dengan sejumlah barang bukti berupa yang tunai yang diakui oleh LYD merupakan uang fee bukan uang brankas. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar