Mengaku Keponakan Wakil Menteri BUMN dan Janjikan Jabatan Direksi/Komisaris BUMN, Pria Ini Dipolisikan.

Ilustrasi foto : detak60.com

Jakarta, Detak60.com - Seorang pria dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan karena melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai keponakan salah satu Wakil Menteri BUMN dan meng iming-imingi bisa memberikan jabatan posisi Direksi maupun Komisaris BUMN.

Dengan laporan Polisi bernomor LP/1340/B/VII/2021/SPKT/POLRES METRO JAKSEL/POLDA METRO JAYA, pria yang dilaporkan tersebut bernama Oktavian Ramadhani Akip alias Dhani.  Saat dikonfirmasi oleh detak60.com, Minggu (29/8/21), Selaku pelapor (FG) menceritakan bagaimana kronologis pertemuan dengan pelaku yang mengaku keponakan Wamen BUMN tersebut.

"Pelaku mengatur para korban dan memberikan semacam surat rekomendasi yang telah ditandatangi oleh Wakil Menteri BUMN untuk menjadi pejabat tinggi. Kemudian korban diarahkan untuk mengikuti asistensi dengan perusahaan konsultan manajemen yang telah ditentukan," ungkap FG, sembari menceritakan kronologi aksi pelaku.

Kemudian, kata FG, korban diberikan undangan untuk melakukan fit and proper test dari Kementerian BUMN. Surat menyurat yang diduga dipalsukan oleh pelaku tesebut, dimanfaatkan oleh pelaku untuk meminta sejumlah uang kepada para korban.

"Jadi dia (Dhani) si pelaku mengatakan bahwa uang yang diminta kepada korban untuk mengurus dan mengeluarkan surat menyurat tersebut. Dan setelah semua proses dilakukan, namun hingga saat ini tidak ada informasi lanjut. Tentu para korban merasa ada yang tidak beres dan jelas saja ini sudah tindak penipuan," beber FG.

Ia bersama para korban telah melaporkan pelaku ke Polres Metro Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.

"Kami sudah serahkan proses hukum ini kepada pihak yang berwajib," jelas FG.

Kasus mengatasnamakan keponakan/keluarga Menteri seperti ini juga pernah terjadi pada 2016 lalu. Pelaku  mengaku keponakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi. (Nof)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar