Diikuti Puluhan Peserta

Loka Pom Di Kota Dumai Gelar Sosialisasi Registrasi Pangan Olahan

Puluhan peserta mengikuti sosialisasi registrasi pangan olahan yang digelar Loka PoM di Kota Dumai

DUMAI, Detak60.com - Sebanyak 26 peserta dari pelaku usaha UMKM bidang pangan dan lintas sektor terkait di kota Dumai mengikuti Sosialisasi Registrasi Pangan Olahan yang diselenggarakan oleh Loka POM di Kota Dumai, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan yang berlangsung di The Zuri Hotel tersebut dibuka oleh Kepala Loka POM di Kota Dumai, Ully Mandasari, S.Farm., Apt.

Dalam sambutannya, Ully menyampaikan bahwa Loka POM di Kota Dumai siap melakukan pendampingan dan memberikan bantuan teknis bagi UMKM yang memiliki positive willingness dalam peningkatan produk sehingga memiliki daya saing yang tinggi dan diharapkan dapat memacu roda perekonomian karena UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam pemulihan perekonomian nasional.

“Pelaku usaha termasuk UMKM harus selalu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, awareness serta bertanggung jawab dalam mendukung supply pangan yang aman dan bermutu bagi masyrakat,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang sama Ully juga menyampaikan hahwa Badan POM mendukung dan memfasilitasi UMKM melalui deregulasi dan debirokratisasi persyaratan termasuk pemotongan biaya pendaftaran izin edar pangan olahan dengan tarif 50% dari tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk UMKM pangan Olahan.

Beberapa fokus materi pada kegiatan sosialisasi pada kegiatan tersebut antara lain mengenai Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik untuk UMKM, Label Pangan dan Tata Cara Registrasi Pangan Olahan serta Tata Cara Pemberian Izin Usaha Industri/ Izin Usaha Mikro dan Kecil berdasarkan Sistem Online Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Dumai dan Peran Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Dumai dalam mendampingi UMKM Pangan Olahan untuk memperoleh legalitas produk oleh Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Dumai.

Disela kegiatan ini juga hadir pelaku usaha UMKM pangan yang baru memperoleh izin edar BPOM untuk dua produk pangan yang diproduksinya dan menyampaikan pengalaman dalam pengurusan izin edar BPOM yang didampingi oleh petugas Loka POM di Kota Dumai yang diharapkan dapat memotivasi peserta yang hadir untuk melakukan pengurusan izin edar produk pangan.

“Kegiatan ini diharapkan pemahaman pelaku usaha UMKM pangan terkait registrasi pangan olahan dapat meningkat sehingga jumlah pelaku usaha yang mendaftarkan produk pangan olahan dan jumlah izin edar yang diterbitkan juga dapat meningkat,” tutup Ully Mandasari. 


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar