Wujudkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Senator Edwin Ajak RS Swasta Bersinergi Bersama

Anggota DPD RI asal Riau, Edwin Pratama Putra, SH

KAMPAR, detak60.com - Anggota DPD RI asal Riau, Edwin Pratama Putra, menyambangi rumah sakit Pelita yang berada di jalan lintas sungai pagar, perhentian raja, Selasa (27/4/21).

Kedatangan senator muda tersebut bahagian dari kunjungan kerja daerah pemilihan serta ingin melihat pelayanan maupun ketersediaan rumah sakit yang sudah berstatus type C dan letaknya juga berada dijalur lintas Pekanbaru - Taluk Kuantan.

Jajaran manajemen rumah sakit mulai dari Owner, Direktur Utama, para dokter spesialis serta tenaga medis lainnya menyambut kedatangan Edwin dan rombongan. Pada sesi dialog, Dirut RS Pelita, dr.Anfal, berterimakasih atas kesediaan wakil rakyat dari pusat mau menyempatkan hadir.

"Kami berharap pak Edwin bisa memberikan arahan serta masukan dengan kondisi kami yang saat ini masih dalam pengembangan. Kami juga saat ini menuju kerjasama dengan BPJS, tentunya butuh dorongan untuk percepatan urusan kita kepada pak Edwin di pusat," kata dr.Anfal.

Ia menjelaskan, RS.Pelita adalah satu-satunya rumah sakit type C umum swasta di Kabupaten Kampar dan letak posisi di jalur lintas Pekanbaru-Taluk Kuantan, menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang butuh segera berobat ke Pekanbaru.

Dari paparan dr.Anfal, saat ini kendala RS.Pelita belum bekerjasama dengan BPJS. Padahal rata-rata pasien yang berobat merupakan kelas menengah kebawah.

Berbicara kesiapan sendiri RS.Pelita sudah memiliki 100 hingga 120 bed dari jumlah persyaratan kerjasama dengan BPJS yakni 500 bed untuk kebutuhan pasien. Kondisi bangunan yang masih dalam pengembangan yakni sudah diatas 80 persen dan dilengkapi ruang operasi.

Sementara itu Edwin mengatakan keberadaan rumah sakit ini yang sudah berstatus type C tentu diharapkan bisa membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat selain keberadaan rumah sakit milik pemerintah.

"Saya mendukung keberadaan RS.Pelita supaya bisa mengurangi beban masyarakat. Saya juga akan upayakan bagaimana posisinya rumah sakit swasta untuk dapat bantuan dari Kemenkes," ungkap Edwin.

Edwin mencontohkan pengalamannya merasakan nyaman ketika berada di dalam rumah sakit yang ada di Jakarta, bahkan untuk kuliner di areal rumah sakit juga ia nikmati, semua karena manajemen pengelolaan rumah sakit yang bersih, rapih serta modern, membuat pengunjung betah.

Untuk itu dirinya berharap RS.Pelita kedepan bisa bertransformasi menjadi rumah sakit modern sehingga bisa bersaing dengan rumah sakir besar yang ada di Pekanbaru.

Ia juga memberikan masukan agar RS.Pelita memiliki program rumah sakit keliling yang masuk hingga ke perkampungan kecil. Untuk hal ini Edwin mengajak bersinergi bersama. Sebab masyarakat yang berada di perkampungan sering terkendala jarak serta transportasi.

"Urusan kesehatan masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Melainkan kita harus berkontribusi bersama. Dan atas kendala regulasi serta aturan, kami di DPD akan mencari solusi. Karena tujuan utama kita agar masyarakat kecil dapat terbantu," tutpnya.

Usai berdialog Senator Edwin diajak berkeliling didalam areal bangunan rumah sakit, dan diakhir pertemuan ia berpesan bahwa DPD RI membuka tangan untuk bermitra dalam hal percepatan program pelayanan kesehatan bagi masyarakat. (Nof)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar