Tidak Ada TMMD, Kami Tidak Tahu Sosok Sebenarnya Tentara

Masyarakat yang ikut andil dalam program TMMD 108 Kodim 0303 Bengkalis

Bengkalis, Detak60.com - Banyak cerita-cerita menarik saat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 108 Kodim 0303/Bengkalis.

Tidak hanya cerita, Bahkan pengalaman menarik juga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat ketika bergotong royong dengan anggota Satgas TMMD 108 tersebut.

Bahkan beberapa diantara warga yang berada di lokasi TMMD mengaku jika selama ini enggan untuk bergaul dengan TNI karena takut

"Awalnya kami enggan dan takut untuk bergaul dengan Bapak-bapak Tentara, yang jelas takut lah ketika mendengar nama Tentara, bayangan kami seorang TNI adalah sosok yang galak, suka membentak, cujar Tumpang (42) salah satu warga Desa Temiang, Senin (13/07/20).

Setelah berkumpul beberapa hari dengan sejumlah Tentara dari Kodim 0303/Bengkalis ternyata bayangan warga Desa Temiang terhadap sosok Tentara berbalik seratus delapan puluh derajat.

''Ternyata Pak Tentara itu orangnya baik-baik, suka berbagai pengalaman dan ilmu. yang jelas, mereka (Tentara,red) tidak pernah membeda-bedakan. Nyatanya bisa berkumpul dengan warga pedesaan yang memilik latar belakang berbeda seperti kami, "tambah Tumpang warga Dusun Mekar Sari.

Warga lain juga mengungkapkan ketakutan nya ketika mendengar nama Tentara, Sutaryo (52), mengaku

"Semula ya takut kalau tahu Tentara. Sekarang bisa, orang Pak Tentara orangnya baik-baik, ramah bahkan bisa diajak ngopi di lokasi kerja, "paparnya.

Dia mengaku, sejak ada Pak Tentara membangun Desanya, dirinya selalu rajin ke lapangan bekerja sama TNI dan warga lainnya.

Sebelumnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bukitbatu di Desa binaannya menyatakan bahwa sejak jauh-jauh hari terus mensosialisasikan terkait pelaksanaan TMMD ke-108 Kodim 0303 Bengkalis di Desa Temiang.

Dengan cara itu, warga menjadi paham sehingga mereka menyambut dengan antusias. 

"Kami door to door terus mensosialisasikan kegiatan TMMD sehingga warga sudah paham dan menyambutnya dengan antusias,'' jelas anggota Babinsa Koramil 07/Bukit Batu.

Secara pribadi, Tumpang, Sutaryo maupun Sarmin mengaku kagum dengan kehadiran banyak sosok Tentara di Desa Temiang. Anggapannya selama ini, yang namanya sosok Tentara itu hanyalah ahli di bidang perang, ternyata keliru. Para Tentara Kodim 0303 Bengkalis ternyata mahir mesin pengaduk semen (molen) dan alat berat lainnya.

''Justru kami-kami belajar dari pak Tentara bagaimana membuat adukan untuk cor yang baik dengan menggunakan mesin molen, "tutup Tumpang. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar