"Bukan Negatif", TMMD Memicu Warga 2 Desa Saling Gotong Royong

Bentuk budaya gotong royong dalam program TMMD 108 Kodim 0303/Bengkalis di 2 Desa Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis, Riau

Bandar Laksamana, Detak60.com - Kesibukan warga Desa Temiang dan Tenggayun, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis yang kesehariannya sebagai petani dan nelayan membuat mereka disibukkan dengan aktivitas warga masing-masing, Sehingga mereka jarang berkomunikasi dan berkumpul bersama.

Kehadiran Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke 108 Kodim 0303/Bengkalis membawa perubahan drastis di tengah masyarakat. Hal itu lantaran kehadiran Satgas seolah merekatkan kembali hubungan warga untuk bisa saling bercengkerama dan berkumpul bersama seraya bertukar fikiran.

Himron M. Ali salah seorang warga Desa Temiang, mengatakan, Jumat (10/7/20) kehadiran Tentara di Desanya, membuat warga senang dengan berbagai aktivitas pembangunan dan pelayanan kesehatan. Kehadiran TNI membuat warga mau tidak mau harus ikut turun tangan membantu menyelesaikan pekerjaan fisik, seperti pembuatan jalan penghubung Desa yang selama ini sulit dilalui apabila dimusim penghujan.

"Tentara mengajarkan kami bersosialisasi dan bergotong royong, ini tampak dalam berbagai kegiatan pembangunan, seperti pembuatan semenisasi jalan ini. Mereka bekerja tanpa mengenal cuaca, "Ujarnya.

Dia melanjutkan, keberadaan TNI di Desa Temiang dan Tenggayun yang menjadi lokasi sasaran fisik TMMD ke 108 Kodim 0303/Bengkalis juga memicu warga beda Desa untuk saling berkomunikasi dan bekerja sama. Hal itu seolah merekatkan hubungan kembali warga 2 Desa yang jarang bertegur sapa karena kesibukan masing-masing. Kini 2 warga Desa itu saling membantu satgas untuk menyukseskan pelaksanaan TMMD.

"Dulunya kami jarang bertemu dan ngobrol, sekarang kehadiran bapak-bapak Tentara di tengah kami membuat suasana bertambah dekat dan akrab, petani dan nelayan ketemu dalam nuansa program TMMD. Ini lah yang disebut Pemersatu Bangsa, "tutupnya. 

 

 


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar