Bigmatch Persija Vs Persebaya Ditunda, Ini Alasannya

Mahmoud Eid (kiri) berduel dengan Marco Motta (kanan) saat laga Persija Vs Persebaya pada laga final piala Gubernur Jawa Timur 2020 lalu (foto:kompas)

Sport, Detak60.com-- Bigmatch pada pekan kedua Liga 1 2020 antara Persija Jakarta kontra Persebaya Surabaya resmi ditunda. Seharusnya laga tersebut digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Keputusan ini terpaksa dikeluarkan karena Pemprov DKI Jakarta melarang adanya kegiatan keramaian untuk mencegah penularan virus korona.

Kondisi itu membuat PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) mengirimkan surat bernomor 127/LIB-KOM/III/2020 tertanggal 4 Maret 2020 yang menyebutkan penundaan pertandingan tersebut.  

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Umum PT LIB Cucu Somantri menyatakan, pertandingan ditunda usai menindaklanjuti surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta tentang peningkatan kewaspadaan terhadap virus korona, Selasa (3/3/2020).

“Bersama ini LIB menyampaikan penundaan pertandingan Liga 1 2020 antara Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya yang seharusnya digelar 7 Maret 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno,” bunyi surat tersebut, dikutip situs resmi Persija.

“Selanjutnya LIB akan menyampaikan penjadwalan ulang setelah melakukan dengan berbagai pihak termasuk klub,” lanjut surat itu.

Penundaan pertandingan ini merupakan yang pertama dalam ajang keolahragaan di Indonesia karena mewabahnya virus korona. Di beberapa negara lain, beberapa ajang olahraga juga terpaksa ditunda karena kasus serupa.

Di Italia, beberapa laga Serie A dan kasta di bawahnya juga mengalami penundaan. Bahkan, belakangan pemerintah negara tersebut sudah mengeluarkan permintaan agar kompetisi tersebut dihentikan selama 30 hari.

Di Swiss, seluruh pertandingan Super League (divisi utama) dan Challenge League (divisi kedua) sudah ditiadakan hingga 23 Maret 2020. Pemerintah setempat khawatir virus Covid-19 menyebar dengan cepat. Karena itu mereka menunda semua event yang melibatkan keramaian besar seperti sepak bola.

Di ajang MotoGP, Grand Prix (GP) Qatar sudah diputuskan batal digelar. Sementara GP Thailand dipastikan ditunda.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar