Pekanbaru Rancang Transportasi Umum Ramah Lingkungan

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT

Pekanbaru,Detak60.com-- Pekanbaru menjadi salah satu dari 7 kota besar yang ada di Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang masuk ke dalam program Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dalam bidang transportasi ramah lingkungan. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mencanangkan transportasi umum ramah lingkungan. 

Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, MT menyebutkan sebenarnya Kota Pekanbaru sudah mengarah ke transportasi umum ramah lingkungan. Menurutnya, hal ini harus terus digesa mengingat pertumbuhan penduduk di Pekanbaru. 

"Diperikirakan, jika Kota Pekanbaru tak berangsur ke arah transportasi ramah lingkungan, kualitas udara kita semakin buruk. Karena kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi bertumbuh terus," katanya.

Disampaikan Wali kota, hasil kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu juga melihat perkembangan transportasi umum. 

"Di Tokyo penduduknya 30 juta jiwa, tapi terlihat sepi di pusat Kota. Ramainya di stasiun keretanya. Kendaraan pribadi sangat jarang disana, sehingga kualitas udaranya baik," sebut Wako.

Ditambahkannya, di Tokyo masyarakatnya baik kalangan atas dan menengah cenderung melakukan perjalanan memakai jasa transportasi umum. "Insya Allah sepuluh tahun lagi kita juga sudah punya MRT bersama kendaraan ramah lingkungan lain. Nah sekarang kita harus mulai membudayakan naik kendaraan umum," imbaunya.

Wali Kota mencontohkan, untuk saat ini, mulai akan dioperasikan kendaraan feeder yang masuk ke perumahan warga. Setelah itu akan diantarkan ke Halte Trans Metro Pekanbaru (TMP) dengan satu tiket one a way. 

"Nah mulai lai memanfaatkan itu. Jika semua kita memanfaatkan kendaraan umum. Polusi udara akan berkurang, lingkungan kita jadi bersih," pungkasnya.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar