KPU Bengkalis Gelar Pemunguta Suara Ulang di 1 TPS Kecamatan Mandau dan 1 TPS Kecamatan Pinggir

KPU Bengkalis Gelar Pemunguta Suara Ulang di 1 TPS Kecamatan Mandau dan 1 TPS Kecamatan Pinggir

BENGKALIS, Detak60.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bengkalis, besok, Sabtu (17/02/2024) akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 2 TPS. 

2 TPS yang melakukan PSU sesuai rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu adalah TPS 04 Kelurahan Babussalam, Kecamatan Mandau dan TPS 11 Desa Tengganau, Kecamatan Pinggir. 

Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina yang biasa disapa Elsa saat dikonfirmasi awak media, Jum'at (16/02/2024) membenarkan pelaksanaan PSU di dua TPS tersebut. 

"Kita sudah menerima rekomendasi permintaan PSU, dan kita bergerak cepat rencana akan dilaksanakan besok hari Sabtu," ucapnya. 

Ia menyebutkan, untuk logistik PSU sudah tersedia dan di cap PSU pada surat suaranya. Sementara itu untuk petugas Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS) telah ditunjuk yang baru, tidak menggunakan anggota KPPS sebelumnya. 

"Kita sudah tunjuk KPPS yang baru untuk melaksanakan PSU di dua TPS tersebut," ungkap Ketua KPU Bengkalis. 

Sebelumya, Ketua Bawaslu Kabupaten bengkalis mendapatkan laporan bahwa ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Mandau dan kecamatan Pinggir Kabupaten bengkalis Riau yang melakukan kecurangan pada saat pemungutan suara. 

Ketua Bawaslu Usman menyebutkan, di kabupaten Bengkalis ada dua TPS yang berpotensi dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yakni di TPS 04 Kelurahan Babusalam Mandau dan TPS 011 desa tengganau kecamatan Pinggir. 

Usman menyebutkan, potensi PSU di TPS 011 desa tengganau disebabkan karena adanya satu orang yang mencoblos dua kali dengan surat C pembaruan yang berbeda, 

Sedangkan di lokasi TPS 04 Babussalam adanya pemilih yang melakukan pencoblosan dengan menggunakan nama orang lain dan diduga adanya pemalsuan tanda tangan oleh oknum tertentu. 

"Atas pencermatan kejadian khusus yang dilaksanakan PTPS Bawaslu di tempat TPS, maka kemudian PTPS, KPPS dan PPK akan membuat surat rekomendasi pada KPU untuk dilakukan pemungutan suara ulang," ungkap Ketua Bawaslu Usman. 

Untuk diketahui TPS 4 Kelurahan Babussalam Kecamatan Mandau bahwa ada 219 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan melaksanakan PSU besok. 

PSU besok yang juga mendapat pengawalan ketat dan pihak Kepolisian Resort Bengkalis dan Juga Kodim 0303/Bengkalis. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar