Upayakan Pencegahan PMK di Desa Tasik Tebing Serai, Babinsa Serda P. Sinaga Lakukan Patroli

Upayakan Pencegahan PMK di Desa Tasik Tebing Serai, Babinsa Serda P. Sinaga Lakukan Patroli

TALANG MUANDAU, DETAK60.COM — Kodim 0303/Bengkalis melalui Koramil 03/Mandau Babinsa Serda P. Sinaga melaksanakan giat pemantauan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Desa Tasik Tebing Serai Kecamatan Taang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Senin (8/8/2022).

Kegiatan dilakukan oleh Babinsa Desa Tasik Tebing Serai bersama Dinas Peternakan Kabupaten Bengkalis, dalam rangka menindak lanjuti penyebaran virus penyakit mulut dan kuku diberbagai daerah di Indonesia yang dapat mengancam kesehatan hewan berkuku genap dan belah yang memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia.

"Kami lakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak milik masyarakat yang ada di Desa Tasik Tebing Serai sebagai tindak lanjut pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan berkuku genap dan belah, "ujar Babinsa Serda L. Sinaga.

Saat ditemui secara terpisah oleh Pihak Media, Danramil 03/Mandau Kapten Arh. Jemirianto melalui Babinsa Serda P. Sinaga menjelaskan di 4 kecamatan wilayah binaan Koramil 03/Mandau yaitu Kecamatan Mandau, Kecamatan Bathin Solapan, Kecamatan Pinggir dan Kecamatan Talang Muandau, seluruh Babinsa aktif memantau situasi perkembangan PMK pada ternak masyarakat.

"PMK adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA yang menyerang semua hewan berkuku genap atau belah seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba, termasuk satwa liar, "terangnya.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, kita dapat memastikan hewan-hewan ternak milik masyarakat di wilayah binaan Koramil 03/Mandau khususnya dan di wilayah wilayah lain pada umumnya bebas dari PMK, "pungkasnya.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Masyarakat yang memelihara hewan ternak menyambut baik pemeriksaan dan kedatangan Babinsa tersebut. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar