LIRA Riau: Diduga Ada Kongkalikong Pemanfaatan Lahan Hutan Untuk Kebun Sawit di Desa Sekeladi Rohil

Rohil, Detak60.com-- Kawasan hutan Di Kabupaten Rokan Hilir tepatnya di Desa Sekeladi, Kecamatan Tanah Putih diduga beralih fungsi menjadi perkebunan sawit. 

Diduga, lebih kurang 600 Ha di kawasan telah dikuasai oleh penguasa asal Medan dengan modus pemanfaatan lahan atas nama kelompok tani, yakni Kelompok Tani Jasa Setia Anugrah (JSA).

Hal tersebut mendapat perhatian dari LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Riau. Untuk menkonfirmasi keberadaan kelompok tani tersebut, LIRA menyurati Kepala Desa Sekeladi untuk mengetahui sejauh mana pemerintah setempat mengetahui terkait keberadanaan kelompok tani JSA tersebut.

Disurati sejak 24 Juni 2021 lalu, hingga kini layangan surat konfirmasi tersebut belum direspon Kepala Desa Sekeladi.
Kepada wartawan mengakui, LIRA telah menghubungi melalui sambungan telepon dan juga whatsapp untuk mempertanyakan respon perangkat Desa Sekeladi terkait surat mereka, namun tidak direspon.

Melihat hal tersebut, LIRA menduga ada upaya menyembunyikan terkait keberadaan kelompok tani JSA yang diduga milik penguasa asal Medan tersebut.

“Kami sangat menyayangkan atas diamnya Kepala Desa Sekeladi tetsebut. Kami menduga dengan tidak membalas surat dari kami, pihak Desa sengaja menutupi aktifitas dan keberadaan kelompok tani tersebut. Padahal pihak Desa cukup membalas sesuai data di Desa dan sepengetahuannya saja,” ucap Nurhadi, S.Sos selaku Dinas SDA dan Lingkungan Hidup Lira Propinsi Riau  Selasa (27/07/2021).


Sambung Adi, “Kami cukup heran atas kelompok tani tersebut, karena informasi yang kami dapat di lapangan bahwa perkebunan sawit tersebut milik pribadi pengusaha yang bernama Asiong alias Karim tapi kenapa ada Plang Kelompok Tani-nya? Atas dasar itu langkah awal yang kami lakukan dengan menyurati pihak Desa untuk mendapatkan informasi, namun pihak Desa masih lebih memilih diam dan bungkam,” ujar Adi.

Hingga berita ini dirilis, media ini belum mendapatkan konfirmasi Kades, Sekdes Sekeladi. (Rls/Nur)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar