Kunker Bersama Kelompok Peternak Sapi

Senator Edwin Ingin Seriuskan Peternakan di Pelalawan

PANGKALAN KERINCI, detak60.com - Puluhan peternak dari kelompok Tuah Betonak Jaya dan Kelompok Barokah mendapat arahan dari Anggota DPD/MPR RI asal Riau, Edwin Pratama Putra, saat dirinya melakukan silaturrahmi dan kunjungan kerja, Kamis (4/3/21) di Kabupaten Pelalawan - Riau.

Kunjungan ini merupakan bahagian ruang lingkup kerja Edwin sebagai Anggota Komite II DPD RI dimana salah satunya membidangi urusan pertanian dan perkebunan.

Turut hadir juga pada acara tersebut yakni Anggota DPRD Pelalawan Junaidi Purba, Camat Pangkalan Kerinci Dodi Asmara Putra, Kapolsek Pangkalan Kerinci Kompol Novaldi, Ketua HIPMI Pelalawan Fadlan Misran.

"Kami berharap arahan serta binaan dari pak senator edwin agar pelaku ternak bisa dibantu melalui jalur di pusat. Terlebih lagi saat ini banyak kaum milenial sudah terjun sebagai pelaku ternak," kata salah seorang perwakilan Peternak, Ferly Azhari saat menyampaikan aspirasinya.

Sementara itu Camat Dodi mengapresiasi kedatangan Edwin dan menitipkan kesejahteraan masyarakat bisa dibantu usahanya lewat bidang peternakan.

Tidak ketinggalan juga Anggota DPRD Pelalawan Junaidi Purba atau yang akrab disapa Gope menyampaikan pandangannya terkait kedatangan Senator muda tersebut. Dirinya berkeinginan Pelalawan dapat lebih banyak "kue" anggaran dari Pemerintah Pusat melalui kerjasama dengan DPD RI.

Edwin pada penyampaianya menyebut bahwa pembinaan kelompok peternakan harus diseriuskan, terlebih lagi di Pelalawan banyak kaum milenial terjun menggelutinya.

"Kita akan koordinasikan dengan Kementerian Pertanian untuk mendapatkan bantuan bibit ternak sapi. Karena ini bahagian dari agenda kerja saya di Komite II. Selain itu pola penggemukan sapi juga harus ada inovasi. Saya melihat di wilayah timur populasi unggul sapi limosin sukses dikembangbiakkan disana. Kenapa di Riau tidak kita coba," ungkap Edwin.

Selain itu untuk Aspirasi berupa pelatihan peternak, sambung Edwin, dirinya juga akan fasilitasi ke tempat peternakan yang sudah sukses di Pulau Jawa.

"Kunjungan ini akan saya teruskan dengan Kementerian Pertanian bahwa model kita masih konvensional (beternak sapi dengan cara tradisional) seperti ini masih dilakukan. Harus ada inovasi dan terobosan yang kita terapkan kepada peternak dipelalawan untuk menaikkan hasil.

Ada juga aspirasi yang disampaikan peternak pada sesi dialog tanya jawab, yakni perihal keinginan mendapatkan bantuan rumah layak huni. Dari informasi yang dipaparkan Edwin tahun 2021 ini Provinsi Riau mendapat jatah 2800 unit bantuan berupa rehab bangunan.

'"Masalah rumah layak huni bagi peternak Insya Allah saya coba bawakan untuk Pelalawan."

Acara tersebut ditutup dengan sesi foto bersama dan terselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Nof)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar