Cegah Karhutla, Babinsa koramil 04/Mandau Gencar Patroli Pantau Lahan Rawan Terbakar

Cegah Karhutla, Babinsa koramil 04/Mandau Gencar Patroli Pantau Lahan Rawan Terbakar

TALANG MUANDAU, DETAK60.COM - Komitmen untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat musim kemarau ini, hingga sekarang terus dilakukan oleh tim pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan.

Jum'at (12/2/2021) Petugas pos pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan  aktif setiap hari melakukan patroli berkeliling kawasan lahan belukar yang rawan kebakaran lahan untuk dipantau agar tidak terjadi kebakaran lahan selama kemarau ini

Upaya pencegahan tersebut juga dilakukan oleh Babinsa Koramil 04/Mandau Serda S. Sijabat dengan menggiatkan patroli terpadu bersama semua instansi lainnya yang memiliki tugas yang sama.

Sementara itu, Babinsa Koramil 04/Mandau, Serda S. Sijabat dengan anggota Manggala Agni dan masyarakat di sekitaran Desa Tasik Serai Barat Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis, terus melakukan patroli keliling kawasan lahan rawan terbakar.

Dia mengatakan dengan melakukan patroli keliling lahan rawan terbakar, petugas juga menjelajahi lahan-lahan yang terbentang untuk melakukan pemantauan titik api, serta memetakan kawasan yang rawan dan berpotensi terjadi karhutla.

Dia mengakui, kondisi kemarau seperti sekarang, memang sangat rawan terjadi kebakaran lahan sehingga perlu terus dipantau agar tidak terjadi kebakaran yang menimbulkan asap.

"Lahan kering tampak terlihat dibeberapa kawasan, dari kondisi tanah serta rawa yang mengering sangat mudah terbakar apabila tersulut api, selain itu juga dapat merambat pada lahan di sekitarnya jika terbakar, "ujar Serda S. Sijabat.

Petugas berharap agar semua pihak peduli dalam pencegahan ancaman kebakaran lahan tersebut, sehingga semua aktif melakukan pencegahan, minimal memberikan laporan kepada petugas jika ada kejadian kebakaran lahan.

“Kami sangat mengharapkan peran serta masyarakat untuk mencegah terjadinya karhutla, salah satunya dengan tidak membakar saat membersihkan lahan, "imbaunya kepada para pemilik lahan. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar