Ziarah Ke Makam Ayah dan Kakeknya, Kasmarni Memanjatkan Doa Untuk Membela Marwah Melayu dan Semua Suku

Ziarah Ke Makam Ayah dan Kakeknya, Kasmarni Memanjatkan Doa Untuk Membela Marwah Melayu dan Semua Suku

SIAK, DETAK60.COM - Calon Bupati Bengkalis dengan No urut 3, Kasmarni S.Sos MMP bersama ibundanya Hj. Tengku Rukiah melakukan ziarah kubur ke makam leluhurnya di Siak Sri Indrapura, Ahad (01/11/2020). 

Untuk diketahui, Kasmarni sendiri merupakan perempuan keturunan Suku Melayu yang mana merupakan anak dari pasangan suami Istri Almarhum Roni haji leman dan Hj. Tengku Rukiah di Siak. 

Ibunda Kasmarni yang bergelar Tengku tersebut merupakan keturunan dari seorang Datuk yang bernama Tengku Yahya bin Tengku Endut.
Tengku Yahya bin Tengku Endut merupakan kakek atau Datuk Kandung dari Kasmarni di makamkan di Pemakamam Koto Tinggi Siak. Usai dari makam Datuk atau kakeknya, Kasmarni bersama ibunda tercinta nya Hj. Tengku Rukiah melanjutkan berziarah ke makam Sultan Syarif Kasim II yang tidak seberapa jauh dari Makam Datuknya. 

Dimakam ini, ibu dan anak menundukan kepala  membacakan doa dan tahlil bagi almarhum ayah/datuk yang sudah mendahului mereka. Banyak kisah perjuangan seorang ayah/datuk bagi dua perempuan yang punya kedekatan hati itu. Kasmarni pun memegang erat tangan ibunya di pusara itu. 

Usai memanjatkan doa di makam Kakeknya, Kasmarni bersama ibunya mendatangi makam Sultan Syarif Kasim II yang tak seberapa jauh dari makam Kakeknya. Makam Sultan terakhir Kesultanan Siak Indrapura ini berada di belakang Masjid Syahabuddin Siak. Doa dan tahlilan pun dipanjatkan Kasmarni dan Ibunda Hj. Tengku Rukiyah di Taman Pahlawan Nasional itu. 

Dari makam Sultan Syarif Kasim II, Kasmarni dan ibunya melanjutkan ziarah ke makam Raja Kecik di Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak. Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rachmad Syah I, ini merupakan pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura. Jasanya sangat besar dalam membangun kerajaan baru di Buantan yang diberi nama Siak Sri Indrapura. 

"Banyak orang-orang berjasa bagi Republik ini. Kita generasi penerusnya hanya bisa memanjatkan doa bagi para pendahulu kita. Mudah-mudahan diberi kelapangan kubur dan amal ibadahnya diterima Allah SWT, "harap Kasmarni. 

Hj. Tengku Rukiah yang memiliki 9 orang anak dimana Kasmarni merupakan anak pertama nya bertekad untuk maju dalam Pemilukada Bengkalis nanti untuk membela marwah suku melayu dan suku lainnya memohon doa restu dan kekuatan hati untuk dapat dipercaya memimpin Kabupaten Bengkalis nantinya. 

Sementara itu, usai ziarah kubur, ibunda Hj. Tengku Rukiah menyampaikan langkah putrinya Kasmarni memantapkan hati maju sebagai calon Bupati Bengkalis mendapat restu penuh dari keluarga. Dia dan keluarga besarnya berdoa agar semangat dan tekad Kasmarni yang ingin memperjuangkan marwah melayu dan marwah seluruh suku di Kabupaten Bengkalis diijabah Allah SWT. 

"Dia putri melayu yang ingin mengangkat marwah melayu dan marwah seluruh suku yang ada di  Kabupaten Bengkalis. Ibu hanya bisa berdoa agar apa yang menjadi cita Ikas (panggilan akrab Kasmarni-red) ini diijabah Allah SWT, "harap Tengku Rukiyah. 

Kasmarni yang lahir di Siak tersebut cukup dikenal dalam silsilah keturunan kerajaan Siak. Cucu dari seorang Datuk bergelar Tengku Yahya bin Tengku Endut ini akan siap membeli marwah suku Melayu dan suku-suku lainnya di wilayah Kabupaten Bengkalis. 

Mengalirnya darah suku melayu di dalam tubuh Kasmarni, tentunya menjadi penilaian positif bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis nantinya. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar