Program TMMD Wujudkan Mimpi Warga Desa Temiang

Bengkalis, Detak60.com-- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 tahun 2020 Kodim 0303/Bengkalis disebut telah mewujudkan mimpi warga Desa Temiang, Bandar Laksamana, Bengkalis. 

Dimana akses menuju lokasi perkebunan warga, tempat mengais rejeki dalam memeunuhi kebutuhan hidup mereka, kini telah layak dilalu. Hasilnya dipastikan pendapatan warga meningkatkan dengan mudahnya membawa hasil kebun untuk dipasarkan. 

Belum tersentuh pembangunan, dahulnya jalan yang berkontur gambut tersebut jalan setapak yang sulit dilalui oleh warga yang beraktivitas, terlebih lagi bila hujan mengguyur. Berbagai upaya dilakukan untuk tetap beraktifitas dan membawa hasil kebun. 

"Jalan ini sudah puluhan tahun ada sejak mulai perkebunan karet dikelola warga, inilah satu-satunya akses yang digunakan masyarakat mengeluarkan hasil karet mereka, saat musim panas warga sedikit mudah untuk membawa hasil pertanian mereka karena jalan kering, namun jika musim hujan medan yang dilalui sangat berat terkadang tak sedikit warga yang jatuh, termasuk saya," ungkap salah satu warga Misyono senyum mengenang peristiwa tersebut. Kamis (16/07/20)

Misyono mengungkapkan rasa terima kasih dan bahagianya kepada Satgas TMMD Kodim 0303/Bengkalis yang telah membangun akses fital desa tersebut dalam penggerak ekonomi masyarakat yang sebagian besar adalah petani.

"Semoga dengan dengan perbaikan akses jalan ini akan mempermudah kami untuk menjalankan aktifitas sehari-hari mengeluarkan hasil pertanian kami," ungkapnya

Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) bukan program baru yang dilakukan oleh jajaran TNI, hanya saja saat ini berubah nama tapi pelaksanaannya tetap sama dan terus ditingkatkan, program yang dulunnya ABRI Masuk Desa (AMD) merupakan program unggulan sejak zaman orde baru dan kini masih terus berlanjut.

Satgas TMMD ke 108 Kodim 0303 Bengkalis yang dikomandoi oleh Letkol Inf Lizardo Gumay selaku orang nomor satu dijajaran tersebut menjelaskan bahwa untuk program TMMD tahun 2020 ada tiga desa yang dijadikan sasaran fisik dan semuanya difokuskan pada perbaikan infrastruktur jalan.

"Tahun ini ada lima jalan yang kita bangun di tiga desa yang berada di Kecamatan Bandar Laksamana dan termasuk kedalam wilayah binaan Koramil 07/Bukit Batu," terang Letkol Gumay

Komandan Kodim 0303/Bengkalis itu menmbahkan bahwa selain sasaran fisik TMMD juga punya sasaran non fisik yang dititik beratkan pada penyuluhan dan sosialisasi dibeberapa wilayah binaannya.

"Sosialisasi yang dilksanakan oleh satgas TMMD yakni memberikan penyuluhan tentang pertanian dan bahaya narkoba serta pencegahan terhadap wabah covid 19," tutur Dandim***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar