Non Fisik TMMD ke 108 Kodim 0303/Bengkalis Adakan Penyuluhan Pertanian di Kelurahan Air Jamban

Penyuluhan mengenai Pertanian di Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis agar memanfaat lahan yang sempit untuk dijadikan lahan pertanian

Mandau, Detak60.com - Kodim 0303/Bengkalis melalui Koramil 04/Mandau melaksanakan kegiatan Non fisik dalam rangka pelaksanaan TMMD ke 108, yang mana salah satunya dengan melaksanakan penyuluhan Pertanian kepada masyarakat, Rabu (15/7/20) di Kelurahan Air Jamban Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis, Riau. 

Tampak hadir anggota Koramil 04/Mandau dan juga pengisi materi mengenai Pertanian oleh PPL Kecamatan Mandau, Darlingga Prasty. 

Materi Pertanian yang disampaikan oleh Darlingga Prasty adalah bagaimana memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk budidaya ikan Nila menggunakan Terpal sehingga disamping dapat dikonsumsi sendiri oleh keluarga juga dapat dijadikan peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Untuk dapat memulai budidaya ikan nila di area sekitar rumah yang sempit maka salah satu pilihannya adalah dengan menerapkan kolam terpal.

Kenapa kolam terpal?, karena dengan menggunakan terpal kita tidak perlu mempersiapkan lahan yang terlalu luas selain itu juga tidak perlu menggali tanah terlalu dalam.

Kelebihan lainnya adalah kita tidak perlu terlalu sering memasok air ke kolam tersebut selama tidak ada indikasi bocor. Jadi secara garis besar menerapkan kolam terpal akan lebih hemat modal yang harus anda keluarkan.

Disamping itu dari segi ramah lingkungan sangat cocok karna Kolam terpal tidak memerlukan pasokan air yang banyak, imbuh nya lagi. 

"Apabila masyarakat benar benar serius dalam usaha budidaya Ikan Nila di kolam terpal tersebut dengan tetap menerapkan prosedur pengelolaan dengan teratur, maka dapat dipastikan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. "tegasnya.

Sementara itu, Danramil 04/Mandau Kapten Arh H. Sitorus menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini perlu terus digiatkan agar penyuluhan ini tepat sasaran.

"Penyuluhan yang disampaikan oleh Satgas TMMD ke 108 Kodim 0303/Bengkalis sangat bagus sekali mengarah dan tepat untuk seluruh lapisan masyarakat dan berharap penyuluhan Pertanian dan penyuluhan penyuluhan yg bermanfaat lainnya dapat diadakan di wilayah wilayah lain setiap bulan nya, "tutupnya. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar