Pemerintah Gratiskan Listrik April hingga Juni, Tapi...!

Nasional, Detak60.com-- Pemerintah akan memberikan listrik gratis kepada masyarakat di tengah dampak sosial dan ekonomi dari pandemi virus corona. 

Namun, pemberian tersebut tidak dapat dinikmati seluruh masyarakat. Hanya untuk golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik 450 Volt Ampere (VA) 

Selain penggratisan tersebut Pemerintah juga memberikan potongan 50 persen untuk pelanggan listrik dengan daya 900 VA bersubsidi.

Data PT PLN (Persero) mencatat terdapat 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.
Sementara untuk  pelanggan 900 VA berjumlah kurang lebih 7 juta pelanggan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap listrik gratis dapat membantu masyarakat ekonomi bawah untuk berjuang melawan dampak ekonomi virus corona.

"Artinya hanya bayar separuh untuk April,Mei, dan Juni 2020" ujarnya Jokowi.

PLN menyatakan siap mendukung kebijakan pemerintah menggratiskan tarif listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA. Mereka juga menyatakan siap memberikan diskon harga 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dikutip melalui cnnindonesia.com mengatakan tarif gratis dan keringanan tarif tersebut akan berlaku selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2020.

"Kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450 VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN," tandasnya.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar