Media Visit ke BeritaSatu, Walikota Sampaikan Kesiapan Pekanbaru Smart City

Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus S.T., M.T. dan Direksi Berita Satu Media Grup saat Media Visit ke BeritaSatu Plaza, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Pekanbaru,Detak60.com-- Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, MT memenuhi undangan audiensi tentang kerja sama dengan Berita Satu Media Group. Tujuan yang diharapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini agar program dan kebiajakan serta peluang investasi Kota Bertuah bisa dikenal ke tingkat nasional hingga internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Dengan percaya diri Firdaus mempresentasikan tentang ranumnya Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru. Beliau menyampaikan bahwa KIT Pekanbaru ditetapkan sebagai salah satu dari 27 Kawasan Industri Strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024.  Pematangan rencana pembangunan kawasan tersebut terus dilakukan.

Untuk infrastruktur pendukung untuk kawasan yang siapkan untuk menjadi industri hilir agro tersebut, saat ini pembangunannya sudah mulai berjalan, mulai dari jalan, air, listrik, dan telekomunikasi. 

Untuk Akses, kawasan industri ini berada di koridor Outer Ringroad Kota Pekanbaru yang terhubung dengan pintu tol Pekan Baru–Dumai, dan nanti akan terhubung dengan pintu tol Pekanbaru-Jambi. 

Selain itu, kawasan ini juga berada di bantaran Sungai Siak yang merupakan sungai terdalam di Indonesia, serta tercatat di International Maritime Organization (IMO) sebagai jalur pelayaran internasional.

“Akses ke dan dari kawasan ini sangat mendukung,” kata Firdaus saat berkunjung ke kantor Berita Satu Media Holdings, di Berita Satu Plaza, Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Untuk kebutuhan air bersih dan sanitasi, peningkatan penyediaan air bersih di Pekanbaru telah dibagi menjadi empat zona, akan mempu melayani konsumen besar yang ada di kawasan Tenayan. Untuk listrik, kapasitas yang tersedia mencapai 495 megawatt. Sedangkan jaringan telekomunikasi, selain membangun jaringan fiber, di kawasan ini juga akan disiapkan penyewaan server dengan skala Pulau Sumatera agar industri yang ada di Kawasan Industri Tenayan bisa tetap terhubung dengan dunia internasional.

Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus S.T., M.T memaparkan kinerja Pemko Pekanbaru sebagai Smart City saat Media Visit ke BeritaSatu Plaza

Firdaus menyampaikan, saat ini sudah ada sejumlah investor yang menyatakan ketertarikannya untuk berinvestasi di Kawasan Industri Tenayan. Pemerintah Kota Pekanbaru menyiapkan lahan seluas 3.000 hektar untuk kawasan industri ini, di mana lahan seluas 266 hektar saat ini sudah dibebaskan dan siap bangun.

“Sudah ada beberapa kelompok yang mengajukan minatnya untuk berinvestasi di sini. Kita harapkan prosesnya tidak ada kendala. Kami juga akan memberikan kemudahan pelayanan dalam perizinan, dan juga kami akan memberikan insentif-insentif yang sesuai dengan kewenangan kami untuk membuka karpet merah bagi calon investor,” kata Firdaus. 

Selang beberpa hari usai menghadi Audiensi tersebut, Wali kota dan beberapa jajaran langsung meninggalkan tanah air dan mendarat di Kota Kawasaki, Jepang untuk melakukan MoU bersama perusahaan Nippon Koei Co, LTD dalam kerjasama di bidang Industri.  

Kerjasama tersebut bagaimana Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengembangkan dan mengelola air bersih. Selain itu juga mengelola air limbah. Kemudian bagaimana membuat satu fasilitas lingkungan hijau. Kaitannya dengan Smartcity.(Adv)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar