Simpang Panam Akan Dibangun Flyover

Kondisi lalu lintas di Simpang Panam

Pekanbaru,Detak60.com-- Untuk mengurai kemacetan di Kota Pekanbaru, Pemerintah provinsi Riau berencana akan membangun satu fly over lagi. Kali ini lokasinya di flyover persimpangan Jalan Garuda Sakti - HR Soebrantas (Simpang Panam,red).

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan penyusunan Detail Engineering Desain (DED) pembangunan flyover itu akan mulai dikerjakan pada APBD perubahan tahun 2020.

Dadang menjelaskan lokasi yang akan dibangun flyover tersebut berada diempat kaki simpang. Di mana, hanya satu simpang yang jalannya merupakan kewenangan provinsi Riau, sementara yang lainnya adalah kewenangan pemerintah pusat.

"Hanya satu kaki simpang yang merupakan kewenangan provinsi, yakni Jalan HR Soebrantas. Untuk itu, kami akan membuat Detail Engineering Desain (DED) saja, sedangkan dana pembangunan akan diupayakan menggunakan dana APBN," katanya belum lama ini.

 

Setelah DED dan kajian teknis selesai, maka lelang pekerjaan fisik pembangunan flyover simpang Panam sudah bisa dilakukan.

 

"Kita menargetkan 2022 itu sudah dimulai pembangunannya," kata Dadang.


Sementara itu, Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT siap mendukung wacana pembangunan flyover. Menurut walikota, pembangunan fly over itu dibutuhkan guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di wilayah Panam.

"Ya, kita dari pemerintah kota siap mendukung, terutama untuk pembebasan lahan. Karena saat ini wilayah simpang Panam sudah krodit, mesti dibantu dengan simpang susun untuk memecah kepadatan arus lalu lintas. Jadi, kapan nanti implementasi pembangunan, kita siap untuk itu," ucap walikota.**


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar