Pilkades Desa Kesumbo Ampai Ditunda, Warga Berdemo Depan Kantor Camat Batsol

Aksi demo damai di depan kantor Camat Bathin Solapan oleh antar lintas suku Desa Kesumbo Ampai

Duri, Detak60.com -- Diduga akibat adanya penundaan untuk melanjutkan Pemilihan Kepala Desa (pikades) serentak di wilayah Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis.

Ratusan warga menggelar aksi damai depan halaman Kantor Camat Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis untuk menuntut keadilan dan juga meminta pemerintah terkait untuk melanjukan seleksi pilkades tersebut.

Mereka yang datang dari berbagai penjuru wilayah desa kesumbo ampai bergerombol menggunakan kendaraan secara pawai yang dikawal oleh pihak kepolisian, Kamis (10/10/2019).

Koordinator aksi, Reswanto dalam orasi nya di depan Kantor Camat Bathin Solapan menyebutkan.

"Tahapan pilkades tidak berjalan, sementara waktu tersisa tinggal 20 hari lagi untuk pemilihan kepala desa serentak gelombang III Kabupaten Bengkalis. Kami mohon agar ada kejelasan terkait proses ini, dan tahapan mesti dilanjutkan karena kami butuh pemimpin yang definitif, "katanya.

Aksi damai masyarakat tersebut dikawal penuh oleh pihak Kepolisian sektor Mandau dan jajaran Koramil 04 Mandau.

Apabila hingga waktu yang disepakati tanggal 15 Oktober 2019 belum ada kejelasan tahapan pilkades tersebut, kata Reswanto, maka mereka akan kembali menggelar aksi serupa bahkan dengan massa yang lebih banyak.

"Intinya kami ingin yang terbaik bagi desa kami, pilkades terlaksana dan melahirkan pemimpin yang arif bijaksana, "tambahnya.

Disamping itu, warga yang terdiri dari lintas suku ini meminta kepada Bupati Bengkalis agar mengambil kebijakan tegas terkait permasalahan ini. Bahkan, dalam spanduk yang dibentang warga dilokasi, mereka juga bertekad untuk mensukseskan helat Pemilihan Kepala Daerah Bengkalis mendatang.

Dalam spanduk, mereka menuliskan teks bahwa 'Siap mendukung Pemilihan Bupati Bengkalis 2020 Kasmarni, S.Sos, M.MP for Bengkalis 1'.

"Kami siap mensukseskan Pilkada Bengkalis mendukung penuh Ibu Kasmarni, tapi kami mohon sangat agar pilkades dilanjutkan, "ungkapnya kembali.

Dikesempatan yang sama, Camat Bathin Solapan melalui Sekretaris Camat, H. Daswan menampung aspirasi warga. Pada kesempatan itu, dia berjanji akan membawa aspirasi tersebut ke Bupati Bengkalis melakui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

"Paling lambat besok permasalahan ini kami sampaikan ke Bupati melalui Dinas PMD, "terangnya. (***)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar