Peningkatan Partisipasi Pemilih, Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasi di SMK Muhammadiyah 1

Pekanbaru, Detak60.com- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan sosialisasi Pendidikan, Etika, dan Budaya Politik bagi pemilih pemula, di SMK Muhammadiyah 1, Jumat (17/3/2023). 

Kesbangpol mengajak pemilih pemula untuk menyampaikan hak suara mereka dalam Pemilu serentak 2024. Setidaknya di Kota Pekanbaru terdata 11.600 lebih pemilih pemula yang memiliki hak suara pada tahun 2024 nanti.

Pemilih pemula ini diharapkan dapat mengerti, dan memahami arti Pemilu sehingga dapat bersikap dalam menyalurkan hak suara mereka. 

Kegiatan sosialisasi dibuka Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru H Drs Syofaizal M.Si, melalui Kabid Politik Dalam Negeri Tengku Firdaus. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa-siswi SMK Muhammadiyah

1.

"Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan-tahapan menjelang Pemilu serentak tahun 2024. Kesbangpol Pekanbaru akan terus melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula," kata Tengku Firdaus. 

Menurutnya, sejauh ini Kesbangpol Pekanbaru sudah melakukan sosialisasi ke empat sekolah menengah atas maupun kejuruan di Kota Bertuah. 

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan tingkat partisipasi dalam Pemilu serentak tahun 2024 nanti. 

Dari 700.000 lebih daftar pemilih 11.000 lebih diantaranya merupakan pemilih pemula yang memiliki potensi dalam partisipasi Pemilu serentak di 2024 nanti. 

"Kita merasa perlu mengingatkan memberikan pendidikan politik kepada anak-anak kita ini, kenapa mereka mesti ikut Pemilu. Kalau seandainya dia nanti tidak mengerti sehingga tidak ada keinginan untuk datang ke TPS," terangnya. 

Kegiatan sosialisasi Pemilu ke sekolah ini bakal terus dilakukan secara marathon jelang tahun Pemilu. Mereka tidak hanya melakukan sosialisasi ke pemilih pemula. 

Nantinya, Kesbangpol Pekanbaru juga akan menyasar tokoh masyarakat. Sehingga partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 nanti bisa meningkat dan suksesnya pesta demokrasi. 

Ia kembali mengajak para pemilih pemula menyukseskan Pemilu serentak 2024 dengan cara datang ke TPS gunakan hak pilih dengan bijaksana. Pilih yang berkomitmen untuk memajukan daerah dan mensejahterakan warga. Ia juga menekankan untuk menolak politik uang. 

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Al Gafar SPd MM mengucapkan terimakasih kepada Kesbangpol Kota Pekanbaru yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini. Ada 100 orang siswa-siswi kelas XII yang mengikuti kegiatan ini. 

"Kita berharap dengan adanya sosialisasi ini dia tahu dan melek politik. Mereka diharapkan bisa berpartisipasi nanti. Kemudian partisipasi pemilih ini harus ditingkatkan agar mencapai target," pungkasnya.***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar