Dukung Ketahanan Pangan, Danramil 03/Mandau Hadiri Panen Raya Jagung di Kecamatan Bathin Solapan

Dukung Ketahanan Pangan, Danramil 03/Mandau Hadiri panen Raya Jagung di Kecamatan Bathin Solapan

Bathin Solapan, Detak60.com - Untuk mendukung Program pemerintah dalam ketahanan pangan dari sektor pertanian. Kodim 0303/Bengkalis melalui Koramil 03/Mandau yang dihadiri oleh Danramil 03/Mandau Kapten Arh. Jemirianto bersama dengan Forkopimcam Bathin Solapan, melaksanakan panen raya jagung di Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis, Riau. Selasa (07/03/2023). 

TNI selalu mendukung apa pun bentuk program pemerintah, terkhususnya dalam hal ketahanan pangan dari sektor pertanian. 

Danramil 03 Mandau Kapten. Arh. Jemirianto yang mewakili Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Endik Yunia H., dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dari sektor pertanian sesuai dengan program dari Pemerintah untuk memanfaatkan lahan tidur agar bisa dipergunakan dengan sebaik-baik nya. 

"Menanam tanaman cepat panen atau yang lebih dikenal dengan sebutan tanaman musiman, merupakan salah satu alternatif untuk menyukseskan ketahanan pangan ditiap-tiap daerah, terutama dalam memanfaatkan lahan tidur atau lahan yang tidak dipergunakan. Diharapkan agar warga dapat memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah untuk ditanami tanama,” ujar Danramil Kapten Arh. Jemirianto mewakili Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Endik Yunia H. 

Masih tambahnya, "selain pemanfaatan lahan tidur dengan tanaman pangan musiman seperti jagung, padi juga akan memanfaatkan lahan tidur milik TNI dengan tanaman pisang, sayuran yang semuanya untuk kesejahteraan petani. Tak hanya memanfaatkan lahan tidur utnuk ketahanan pangan, tentunya hal ini dapat meningkatkan perekonomian para petani dalam meningkatkan perekonomian keluarga, "tambah Danramil. 

Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR yang mewakili Bupati Bengkalis menyampaikan Permohonan maaf dari Bupati Bengkalis Kasmarni yang tidak bisa hadir dalam rangka panen raya ketahanan pangan.

Direncanakan Bupati Bengkalis yang akan hadir untuk melaksanakan panen raya jagung, namun karena ada kegiatan di Pekanbaru, sehingga Bupati menunjuk Camat Bathin Solapan untuk mewakili. 

"Bupati Bengkalis dalam pidatonya menyampaikan, program ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama selaku pelayan masyarakat. Semoga program ketahanan pangan ini dapat menjadi penyemangat bagi petani lainnya,” Ujar Bupati Bengkalis yang diwakili Camat Bathin Solapan M. Rusydy MR. 

Selain peran pemerintah kabupaten, juga diharapkan peran pemerintah Desa agar ditingkatkan dalam mendukung program ketahanan pangan dari sektor pertanian. 

“Camat Bathin Solapan sangat mendukung program pertanian disetiap Desa melalui program pelatihan, pengadaan bibit. Sehingga diharapkan kedepannya, setiap Desa dapat melaksanakan Panen raya ketahanan pangan seperti yang sedang dilaksanakan saat ini, "kata Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR. 

Hadir pada kegiatan tersebut, Bupati Bengkalis yang diwakili Camat Bathin Solapan M. Rusydy, MR, Camat Mandau yang diwakili Kasi Kesosbud Devri Putra Braja, Kapolsek Mandau yang diwakili Iptu Zulkifli, Kades Se-Kecamatan Bathin Solapan, Tokoh Masyarakat Bathin Iyo Banso Ketua Kerapatan Adat Bathin Sobanga (Imbo Ayo) Datuk Muhammad Nasir, Danposramil Bathin Solapan Letda. Arh. Rickman Sinaga, Forkopimca Kecamatan Bathin Solapan, Lisda Sari Bidang Waka Bina Muda Kwarran Bathin Solapan dan Tamu undangan lainnya. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar