3 Sampai 4 Ton Sampah Dilayani 9 Mobil Sampah Setiap Hari

Kepala UPT DLH Kecamatan Mandau saat memantau perbaikan kendaraan operasional pengangkut samlah

Duri, Detak60.com - Syafruddin S.Sos, tiap 30 menit di telpon dengan ragam keluhan masyarakat Mandau terkait sampah hasil limbah. 

"Kendati tiap waktu, reguler armadanya angkut sampah menyisir ruang jalan utama, namun sampah tetap bertabur dan bertumpuk usai armada lewat jalan ke TPA, "ujar UPT DLH Mandau, Syafruddin S.Sos, Selasa (14/2/2023) sore saat memantau service dan perbaikan armada. 

Menurutnya, jika sampah ada dan ditempatkan di tong yang disediakan, sesuai giat jadwal angkut, praktis sampah bersih dan tak menimbulkan onggok sampah di median jalan, usai kendaraan bergerak. 

"Jika masyarakat berbudaya giat buang sampah di median jalan dan jika tak teratur maka akan selalu tidak bersih sebab datang dan bertabur kembali onggok-onggok sampah di jalur median saat petugas pergi, ini merupakan kesadaran dan budaya masyarakat yang harus disiplin untuk membuang sampah ke dalam tong yang telah disediakan, "urainya. 

Malah kelompok masyarakat bisa meletakkan sampahnya di depan rumah atau area RT atau lingkungan, petugas bisa masuk mengambil sampah itu dan dibuang ke TPA. 

"Masukan surat ke UPT DLH di Mandau, jika ingin minta di angkut sampah masyarakat dan menyediakan retribusi, "urainya kembali. 

Diterangkan, ketua RT dan RW dapat memberikan arahannya terhadap warga agar tak lagi buang sampah ke median jalan, sehingga tentunya akan memperindah tatanan kota serta kebersihan kota akan selalu terjaga. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar