Usai Menyeka Keringat Bawahannya Kapolda Riau Mendapat Pujian

GPII Riau : Pak Iqbal Kapolda Yang Layak Diteladani

Sekretaris GPII Riau, Tata Haira, SH.MH

Pekanbaru, Detak60.com - Kapolda Riau Irjen Polisi Mohammad Iqbal menjadi perbincangan publik setelah tindakan spontannya mengusap dan menyeka keringat di wajah bawahannya. Aksi tersebut menuai banyak pujian, termasuk dari  Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Riau.

Aksi spontan Jenderal bintang dua itu terjadi sesaat sebelum memberikan penghargaan secara langsung kepada Bripka Oktavianus di Mapolsek Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Senin (7/2/22). Diketahui Bripka Oktavianus sempat viral karena menangkap penjambret dengan menabrakkan sepeda motornya.

Menanggapi apa yang dilakukan Kapolda Riau kepada bawahannya, Sekretaris GPII Riau, Tata Haira, SH.MH mengatakan tindakan Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu adalah contoh yang patut untuk diteladani.

"Beberapa waktu lalu Cipayung plus termasuk PW GPII Provinsi Riau diundang beliau untuk hadir makan bersama, kesan yang kami terima memang sangat bersahabat dan penuh kehangatan" tutur Tata.

"Awalnya  kami hanya menyangka apa yang dilakukan beliau kepada teman teman hanya kegiatan Wellcome di awal saja untuk membantu kerja kerja beliau di Riau, ternyata sikap humanis tersebut juga dilakukannya kepada bawahannya," tambahnya.

Untuk itulah, lanjut Tata, apa yang dilakukan oleh Kapolda Riau ini layak dicontoh oleh seluruh pejabat publik di pemerintahan ini yang memang tugasnya adalah melayani.

Oktavianus menerima reward atas aksi heroiknya menggagalkan kejahatan jambret dengan cara menabrak sepeda motor penjambret, pada Jumat pekan lalu. Meski kakinya terluka akibat aksi itu, namun Oktavianus berhasil membekuk penjambret.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyeka keringat di dahi Bripka Oktavianus sesaat sebelum memberikan penghargaan secara langsung di Mapolsek Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Senin (7/2/2022).  (AFIAT ANANDA/RIAUPOS.CO)

Kapolda Iqbal didampingi Kabid Humas Polda Riau Sunarto, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, Kapolsek Tenayan Raya Manapar Situmeang dan sejumlah pejabat teras jajaran Polda Riau itu menyerahkan medali, piagam penghargaan, bingkisan dan rekomendasi pendidikan kepolisian yang diserahkan di halaman Mapolsek Tenayan Raya.

Duduk disamping pimpinannya dan menerima penghargaan membuat Bripda Oktavianus nampak gerogi. Tak diduga, Kapolda Iqbal langsung mengambil tissue dan mengusap wajah Oktavianus untuk menyeka keringatnya.

“Inilah simbol perlindungan dan pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat yang sebenarnya yang diberikan Bripka Oktavianus Yusbar. Seorang polisi dengan instingya, dengan jiwa raganya, apapun yang terjadi dia berikan demi kemanusiaan,” ujar Irjen M Iqbal. (Rls)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar