Rapat Bersama Kementerian Keuangan

Senator Edwin Ingatkan Kemenkeu Perihal DBH Sawit Riau

Senator Edwin Pratama Putra Bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani

Jakarta, Detak60.com -  Komite IV DPD RI melaksanakan rapat kerja bersama Kementerian Keuangan dengan pembahasan perihal kebijakan APBN Tahun Anggaran 2022 terkait Perpres No. 104/2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komite IV DPD RI H. Sukiryanto, S.Ag. dan dimulai pukul 10.00 WIB.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memaparkan langsung materi pambahasan secara rinci. Mulai dari perkembangan ekonomi makro tahun 2021, realisasi semetara APBN Tahun Anggaran 2021, postur dan kebijakan APBN Tahun Anggaran 2022, dukungan TKDD dalam penanganan Covid-19, peran dan kinerja TKDD Tahun Anggaran 2021, dan postur dan kebijakan TKDD Tahun Anggaran 2022.

Pada kesempatan tersebut, Senator dari Riau, Anggota Komite IV DPD RI, Edwin Pratama Putra mengingatkan Kementerian Keuangan perihal DBH sawit sebagai penyokong perekonomian Provinsi Riau. 

Menurutnya Provinsi Riau dan 25 provinsi penghasil sawit lainnya berhak mendapatkan DBH Sawit melalui paying hukum Undang-undang Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah (HKPD).

"Akibat Pandemi Covid-19, APBD Provinsi Riau mengalami penurunan yang luar biasa. Hal ini tentu membuat pembangunan juga menurun. Disini saya mengingatkan kembali sekaligus berterima kasih kepada Kementerian Keuangan yang telah ikut serta mendorong UU HKPD. Melalui Pasal 123 UU HKPD membuka kemungkinan penambahan jenis DBH lain, termasuk sektor perkebunan sawit" jelas Edwin.

Lebih lanjut Edwin menyampaikan bahwa DPD RI akan mengawasi dan mendorong DBH sawit agar mampu meningkatkan dan menggerakan perekonomian Provinsi Riau. Sebagai provinsi dengan komoditas sawit yang besar, tentu adanya DBH sawit akan menjadi peluang Provinsi Riau menjadi provinsi yang lebih maju.

Dalam akhir penyampaiannya, Senator Edwin menganjak Sri Mulyani untuk berkunjung ke Provinsi Riau, mengunjungi pantai di Provinsi Riau yang tidak kalah indahnya dengan daerah lain.

Secara pribadi Senator Edwin memang kerap menyampaikan aspirasi masyarakat dan daerah dalam berbagai kegiatan DPD RI. Selain itu, ia terbuka menerima masyarakat Riau yang mengunjunginya di senayan untuk menyampaikan aspirasi. Baik aspirasi terkait perkebunan, peternakan, pendidikan, dan aspirasi lainnya. (Ahnof)


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar