Semprot Gorong-gorong Tersumbat, Warga RW 23 Air Jamban Gandeng Damkar Mandau

Semprot Gorong-gorong Tersumbat, Warga RW 23 Air Jamban Gandeng Damkar Mandau

Duri, Detak60.com - Masyarakat di wilayah RT 01 dan RT 02, RW 23, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis bersama-sama memperbaiki jalan dan parit yang tersumbat di wilayah tersebut.

Lokasi gotong royong ini berada di kawasan Jalan Rokan, belakang kantor Camat Mandau. Kondisi jalan yang menjadi langganan banjir ini jadi sasaran gotong royong setiap bulannya oleh masyarakat setempat.

Setiap hujan, jalanan tersebut tak pernah absen dari kebanjiran. Hal ini diakibatkan oleh parit dan gorong-gorong yang bermasalah.

Ketua RW 23 Kelurahan Air Jamban, Iwan Amirrudin mengatakan, bahwa kondisi ini menjadi perhatian serius. Lewat kegiatan gotong royong tersebut, selain melakukan perbaikan juga memupuk tali silaturahmi antar warga.

"Kita memperbaiki parit yang tersumbat, tujuannya untuk menghindari banjir yang jadi langganan di lokasi tersebut," katanya, Ahad (19/9/21).

Dalam kegiatan ini, masyarakat juga menggandeng pihak Pemadam Kebakaran Kecamatan Mandau. Di lokasi, petugas damkar bekerjasama dengan warga menjulurkan selang air ke gorong-gorong yang tersumbat.

Sumbatan sampah dan lumpur itu disemprot menggunakan air dengan debit yang besar. Sehingga gorong-gorong yang tersumbat itu sudah kembali lancar.

Selain itu, warga juga melakukan pemotongan rumput dan mengangkat lumpur-lumpur yang menyumbat parit.

Lebih lanjut, Iwan menyebut, kegiatan gotong royong ini sudah menjadi agenda rutin di tengah masyarakat RW 23 Kelurahan Air Jamban. Biasanya dilakukan minimal sebulan sekali.

"Ini agenda rutin kita untuk menjaga lingkungan yang nyaman. Selain kerjasama, kegiatan ini juga untuk memupuk kebersamaan antar warga," tuturnya. **


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar