Limbah PKS Meluap, Sungai Kerumutan Tercemar

Pelalawan,Detak60.com-- Video dan foto kejadian pencemaran Sungai Kerumutan Kabupaten Pelalawan berseliweran di laman Facebook, Video dan foto tersebut yang di bagikan warga setempat di akun-akun Facebook mereka.

Video dan foto tersebut menunjukkan adanya aliran air limbah yang mengalir ke Sungai. Aliran tersebut berasal dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Serikat Putra yang beroperasi tak jauh dari bantaran Sungai Kerumutan.

Lurah Rawang Empat Kecamatan Bandar Petalangan, Ramli, membenarkan adanya kejadian tersebut. Ramli menyampaikan limbah tersebut berasal dari kolam penampungan limbah PKS.

"Warnanya hitam pekat dan berbau. Padahal selama ini air Sungai Kerumutan bisa diminumkan ibaratnya. Masyarakat menggunakan air itu untuk kebutuhan sehari-hari," terang Ramli.

Sungai Kerumutan melintas mengelilingi Kelurahan Rawang Empat dan sering digunakan masyarakat.

Rahmi mengaku telah melapor kejadian tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pelalawan dan menurunkan timnya ke lokasi.

Sementara itu, Camat Bandar Petalangan, Mukhtarius M.Pd juga membenarkan adanya dugaan pencemaran limbah PT SP ke Sungai Kerumutan.***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar