TMMD Merupakan Bukti Bakti TNI Kepada Masyarakat

Komandan Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Lizardo Gumay, SH, M.M

Bengkalis, Detak60.com - Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai sejarah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dahulu nama TMMD masih ABRI Masuk Desa (AMD), sejak beberapa waktu belakangan berubah menjadi TMMD. 

Pencetus program TMMD tidak lain adalah Jenderal M. Yusuf yang merupakan Putra Daerah asal Sulawesi Selatan. Jenderal M. Yusuf diketahui pernah menjabat sebagai Panglima ABRI (PANGAB) dan juga merangkap sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan pada periode tahun 1978 - 1983.

Jenderal M. Yusuf sendiri sebagai pencetus program ini, sekitar diera tahun 80-an mulai bergulir hingga saat ini. 

Dulu namanya masih ABRI Masuk Desa (AMD), dan sekarang berganti TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Tentunya dengan ada prorgam TMMD ini merupakan bukti bakti antara TNI dengan rakyat Indonesia. 

"Memang benar bahwa pencetus TMMD ini merupakan Bapak Jendral M. Yusuf, dahulu namanya masih ABRI Masuk Desa atau AMD, sekarang berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD, program ini sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi masyarakat pelosok yang belum tersentuh pembangunan daerah, "ujar Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Lizardo Gumay, SH, M.M, Kamis (23/7/20). 

Program TMMD ini ada di setiap daerah dan berbagai macam pola. Ada yang pembangunan fisik, ada yang non fisik seperti sosialisasi dan penyuluhan.

"Ribuan manfaat tentu dapat dirasakan dari program TMMD tersebut. Kami selaku anggota TNI meminta agar masyarakat menikmati apa yang telah dibangun oleh program TMMD dan menjaga agar tetap dapat dirasakan oleh anak cucu kita nantinya, "tutupnya. ***

 


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar