Babinsa Serda P. Sinaga, Serda M. Fikri, Kopda Bambang Upaya Pendinginan di Desa Tasik Tebing Serai

Babinsa Serda P. Sinaga, Serda M. Fikri, Kopda Bambang Upaya Pendinginan di Desa Tasik Tebing Serai

Talang Muandau, Detak60.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis tepatnya di Desa Tasik Tebing Serai Dusun 2 Tanjung Potai Kilometer 75 RT 02 RW 4, yang mana hingga saat ini dilakukan pemadaman dan upaya pendinginan.

Kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau beberapa waktu lalu terus dilakukan pemadaman dan pendinginan hingga oleh petugas hingga Rabu (30/3/2022).

Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf. Endik Yunia Hermanro melalui Koramil Kapten Arh. Jemirianto diwakili oleh Babinsa Koramil 03/Mandau, melalui Babinsa Desa Tasik Tebing Serai, Serda P. Sinaga, Serda M. Fikri dan Kopda Bambang, menerangkan.

"Saat kebakaran beberapa waktu lalu yang terjadi pada wilayah kecamatan Talang Muandau, Bengkalis, Riau. Tepatnya di Desa Tasik Tebing Serai di Dusun 2 Tanjung Potai, masih dalam pengendalian petugas. Lahan tersebut telah lama tak berfungsi alias sudah terbiarkan, dan ada juga lahan kosong yang sudah ditanami bibit sawit, namun tetap dilakukan pemadaman dan upaya pendinginan. Pemadaman dan pendinginan Dusun Tanjung Potai Desa Tasik Tebing Serai tidak jauh dari Giam Siak Kecil (GSK) yang ada tanaman bibit sawitnya, "ujar Serda P. Sinaga mewakili Danramil 03/Mandau Kapten Arh. Jemirianto.

Diperkirakan lahan yang terbakar mencapai 2  Hektar yang mana menempuh jarak 85 Kilometer dari kantor Koramil 04/Mandau. Yang telah berhasil dipadamkan sudah mencapai 1 hektar lebih. Lahan tersebut masih dalam tahap pendinginan dan pengendalian petugas gabungan bersama Polsek Pinggir.

Petugas gabungan yang terdiri dari Anggota TNI sebanyak 3 Personil, Anggota BBKSDA 7 orang, Anggota RPK Distrik 1 Duri Melibur 3 orang, Masyarakat sebanyak 2 orang.

Peralatan yang tersedia yaitu Mesin Mini straker 1 unit, Selang 1.5 inc 15 Roll, Selang 2 inc 6 Roll, Nouzle 7 Buah.

"Hingga saat ini kami masih melakukan pendinginan di lokasi tersebut dan berusaha keras untuk segera mendinginkan lokasi agar tak menimbulkan asap dan menyebar ke lokasi lain. Semoga lokasi bekas sisa kebakaran segera dingin dan tidak menimbulkan asap lagi, "tutup Danramil 03/Mandau melalui Babinsa Serda P. Sinaga. ***


[Ikuti Detak60.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar