Fakhri Husaini Tolak Jadi Asistennya Shin Tae-Yong


Dibaca: 1102 kali 
Kamis, 09 Januari 2020 - 13:08:31 WIB
Fakhri Husaini Tolak Jadi Asistennya Shin Tae-Yong Fakhri Husaini, pelatih yang sukses membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala AFC U-19 2020

Sport,Detak60.com -- Fakhri Husaini tegas menolak menerima tawaran PSSI yang meminta dirinya mengisi posisi asisten pelatih timnas, mendampingi pelatih timnas asal korea, Shin Tae-Yong.

Ada beberapa alasan penolakan pelatih yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 tersebut terhadap permintaan PSSI. Diantaranya, dirinya tidak ingin mennggalkan jajaran asisten, “kit man” dan ofisial timnas U-19 yang membantunya sepanjang 2019.

"Salain itu, Kalau misalnya saya dianggap tak mampu tangani tim, saya menganggap mereka melecehkan saya sebagai pelatih lokal. Kecuali kami gagal kemarin di kualifikasi Piala Asia U-19 atau lolos ke putaran final sebagai runner-up terbaik atau lolos dengan tersandung-sandung, okelah. Saya tidak melihat alasan seperti itu," papar Fakhri.

Alasan lainnya ialah, Fahri menilai posisi asisten pelatih tidak memberikan tantangan dalam karier dia.

“Kalau saya mau berpikir enak, berpikir nyaman, saya akan menerima jabatan itu. Jabatan asisten pelatih itu paling enak. Andai tim gagal, dia tidak diapa-apakan orang, ngumpet di balik ketiak pelatih kepala. Saya tidak akan melakukan itu meski dari awal siap menerima resiko apa pun itu,” tutur Fakhri. 

Untuk diketahui, PSSI baru menunjuk dua orang pelatih asal Indonesia yaitu Indra Sjafri dan Nova Arianto untuk membantu Shin Tae-Yong dalam tim nasional sebagai asisten.

Terkait Fakhri Husaini, karyawan PT Pupuk Kaltim, Bontang, ini memang mencatat prestasi apik sebagai pelatih kepala timnas U-16 dan U-19 Indonesia dalam rentang tahuntahun 2017-2019

Selain membawa skuatnya menjuarai Piala AFF U-16 2018 dan lolos ke Piala AFC U-19 2020 sebagai juara grup fase kualifikasi, Fakhri juga mengantarkan timnya ke perempat final Piala Asia U-16 2018

“Sekitar tanggal 6 November 2019, Bang Danur (Direktur Teknik PSSI Danurwindo) sudah menemui saya di Jakarta. Saya sudah mengatakan tidak mau menjadi asisten pelatih. Jawaban saya sudah final,” kata Fakhri.

PSSI terus merayu Fakhri agar mau membantu pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-Yong sebagai asisten pelatih.**